18 Februari 2008

Ternyata agak rumit

Belakangan ini ada beberapa kawan di kantor yang juga memakai Blackberry. Saya baru sadar ternyata Blackberry tidak sesederhana yang saya bayangkan semula.

Bagi yang sudah terbiasa dengan PDA, penggunaan Blackberry sebenarnya sangat simple. Setting email sangat sederhana.

Tetapi bagi yang tidak terbiasa, maka setting email yang gampang itu akan dikalahkan oleh kerepotan yang disebabkan munculnya banyak menu baru yang belum familiar.

Susunan menu dll pada Blackberry memang sangat berbeda dengan ponsel yang sudah banyak dikenal seperti Nokia Communicator atau Nokia dengan antarmuka seri 60.

Misalnya, ada teman yang alamat emailnya bukan username@bisnis.co.id. Ini settingnya jadi agak rumit karena Blackberry meminta nama user dan alamat server. Bagaimana mengubah theme, mengeset dering untuk masing-masing akun, bagaimana mengirim SMS ke kontak yang belum tercatat, dan sebagainya. Juga, bagaimana mengunduh aplikasi Gtalk, YM versi 2.0, dan sebagainya.

Tapi secara umum, menurutku, menu pada Blackberry ini sudah sangat user friendly kok. Hanya butuh penyesuaian barang satu pekan. Lha terus untuk saya sendiri, siapa yang mau ngajarin?

Tidak ada komentar: