19 Januari 2017

Bersyukur tidak sama dengan puas

Saya kira sering ada campur aduk antara bersyukur dan puas. Menurut saya ini cukup berbeda. Memang betul bahwa kepuasan barangkali adalah pengantar paling mudah menuju syukur. Akan tetapi, orang bisa saja bersyukur (terhadap sesuatu) meskipun tidak puas (terhadap apa yang ada itu). Dalam konsep agama, segala sesuatu tidak terjadi dengan sendirinya. Yang dimaksud sesuatu atau apa yang terjadi tentu merupakan kehendak Tuhan, takdir, karunia, anugerah, sesuatu yang telah ditetapkan, dan sebagainya.

Puas, menurut saya, berarti menyadari bahwa tidak ada hal yang lebih baik yang bisa dicapai. Misalnya saya puas bisa mendapatkan nilai 8. Itu berarti saya menyadari bahwa nilai itu sudah maksimal (atau optimal, bila variabelnya tidak tunggal). Saya tidak ekspektasi nilai 9, apalagi 10. Sudah puas dengan angka 8, dan menganggap karunia itu sungguh layak disyukuri. Saya menyadari tidak cukup layak untuk dapat nilai 9, atau 10. Itulah kuncinya.

Adapun bersyukur, adalah, menyadari ada hal lebih buruk yang bisa saja terjadi. Saya dapat nilai 7 sudah syukur, karena dengan kesempatan belajar yang terbatas itu, saya bisa saja kejeblos dapat nilai 6 atau bahkan 5. Saya tidak puas dengan pencapaian nilai 7 itu, tetapi saya bersyukur bahwa terhindar dari nilai 5.

Misalnya kita jatuh dari motor. Masih bersyukur tidak terluka, meskipun barangkali motornya rusak. Kuncinya adalah menyadari bahwa ada hal yang lebih buruk (yakni motor rusak, ditambah tubuh luka, ditambah tidak masuk kerja, kehilangan kesempatan berwisata, atau lainnya).

Dalam soal ini, saya kira kita perlu menyadari tahap-tahap suatu peristiwa agar bisa lebih mudah bersyukur. Saya akan memahami bahwa banyak skenario/ takdir/ ketentuan lebih buruk yang bisa saja menimpa saya.

1 komentar:

Ibu Surthy mengatakan...

Saya ibu surthy tki singapore saya hadir berkomentar di dalam blog ini,cuma ingin menceritakan kisah nyata,sekaligus mau mengucapkan banyak terima kasih kepada Mbah Sero,atas bantuannya semua hutang2 saya sudah pada lunas,nomor togel yang Mbah berikan lansung 4d bocoran singapore,syukur alhamdulillah tembus dapat kemenangan 800.juta,itu dalam bentuk uang indo,kemarin saya sangat bingun karna hutang banyak,syukur sekarang sudah senang tidak memikirkan hutang lagi,saya tidak akan melupakan bantuan Mbah,apa bila saya sudah pulang ke indo saya akan berkunjung kepondok Mbah untuk silatu rahmi,bagi saudarah2 yang lagi terlilit hutang jangan anda putus asa,kalau mau sukses seperti saya silahkan tlpn atau sms Mbah Sero di nomor O82~370~357~999 beliau seorang paranormal yang bisa di percaya,karna sudah memberikan bukti,ingat kesempatan tidak akan datang untuk kedua kali,jadi giliran anda untuk membuktikannya terima kasih..