05 April 2011

Memakrokan blog mikro: Kumpulan status


Sejak ada Facebook, saya bisa disebut rutin update status. Sehari bisa beberapa kali update. Status adalah tulisan berisi ungkapan campur aduk atas apa yang mencuat di kepala. Bila di masa sebelumnya perlu medium seperti diary, atau mesin ketik, lalu komputer untuk menulis kilatan-kilatan pikiran, kesan di perjalanan, dan lain-lain, kini ada medium yang lebih sederhana.

Dengan modal Blackberry yang always connected ke Internet, menulis status adalah hal yang amat mudah. Jadi Facebook itu semacam diary terbuka. Belakangan hal yang sama ada di Twitter yang disebut sebagai blog mikro.

Terkait komentar beberapa rekan serta belajar dari tulisan Nassim Nicholas Taleb (Ranjang Prokrustes), saya jadi tergoda untuk memampangkan kumpulan status sebagai upaya mengisi blog. Apalagi blog saya dalam tiga bulan terakhir nyaris kosong.

Sayangnya, di Facebook tidak ada fitur untuk menyusun status-status yang pernah kita buat di masa lalu menjadi jajaran kalimat status berurutan. Selalu saja bercampur dengan komentar dan segala macam aktivitas yang kita lakukan di Facebook. Di Twitter saya belum terlalu banyak aktivitas. Twitter bisa menyusun timeline status meskipun urutannya terbalik.

***
Saya beruntung bahwa menulis sebagian besar status lewat Blackberry. Karena ada bermacam kesulitan teknis dalam menyusun status sambil online di mobile web Facebook, saya biasa menulis dulu status itu dalam Notes, baru saya copy ke situs Facebook. Jadi, kalau ada kegagalan koneksi, saya masih punya back up. Bahkan banyak komentar saya di facebook pun saya simpan dengan cara yang sama. Maklum, pakai Blackberry Pearl yang semi-qwerty itu ada kesulitan tambahan dalam mengetik secara online.

Tapi ya itu, ada untungnya, saya jadi punya arsip yang tersimpan dalam format txt. Seluruhnya ada lebih dari 50 file. Masing-masing file berisi puluhan status.

Masalah lainnya adalah susunannya yang terbalik. Kalimat yang lama ada di bagian bawah. Yang baru ada di atas, supaya cepat mengetiknya. Akhirnya susunannya ya seperti timeline di Twitter. Terbalik semua.
Saya berusaha membalik kalimat-kalimat itu, namun tidak semua berhasil. Lha buanyak sekali. Capek juga rupanya. Berikut saya unggah secara berseri saja status facebook sejak 2008-an. Paling tidak ini berguna untuk refleksi pribadi saja. Ini semacam me-makro-kan kembali hasil microblogging.

Sampai saat ini ada setidaknya 55 file txt berisi kumpulan status sejak Februari 2009 hingga Maret 2011. File pertama ini saya unggah hampir utuh. Tetapi saya tidak yakin file-file lain akan saya unggah (dan apalagi lengkap).

***

File status 1

*santai bersama sekar & erma. melupakan keruwetan dengan martabak, teh manis panas, ikan mujair, kondangan, etc. alangkah muktinya.

*Bolehkah ikut2an senang mendengar ada orang teknik fisika jadi dirut pertamina?

*memulai pada bagian yang paling mudah sesuai keahliannya. Bagian2 yang sulit segera mengadang?

*ada yg tahu bagaimana mendapatkan kaset anak2 dari PAS Salman edisi pertama yg terbit sekitar 1991/1992? Lagunya a.l. "aku bangga jadi anak islam"

*sleeps like a server, works like a router. mau tidur seperti server setelah bekerja sebagai router. Besok mulai menjalankan fungsi sebagai admin pula. Belajar multitasking nih...

*Kasihan dirut pertamina. Orang TF pertama jadi dirut pertamina. Wanita pertama juga. Eh dikuyo-kuyo oleh anggota dpr.
-------

*"If you don't know where you're going, it doesn't matter which road you take." (cuma ngutip)

*Belum terbayang bagaimana memecahkan masalah yang akan muncul di akhir april itu.

*mencoba rileks, mengusir ketegangan, menyingkirkan rasa bersalah, melupakan tuntutan.

*Sampai kapan buffer itu diperlukan? Sampai ada mesin yang bisa menggantikan secara otomatis. Sampai tegangan antara output box a dan input box b sesuai.

*Pikiran itu seperti parasut. Dia hanya berfungsi baik bila terbuka. (lord thomas dewar)

*Keponthal-ponthal, terbirit-birit, termehek-mehet, terlunta-lunta. Apalagi kata2 yang mirip?

*Jumlah pengguna gtalk di kantor sudah masuk economic of scale untuk jualan mic. Cepet kulakan di mega bazaar computer gih, whahahaha33x

*Ruwet dengan email yg terlalu banyak di inbox? Ayo buat Mail Folder lalu set Mail Rule agar semua terpilah secara otomatis. Saya siap bantu deh.

*Hobbylah yang jadi alat penyelamat. Pembuka pintu2 baru. Selalu

*Dalam komunitas yg cenderung chaos, siapa yg paling banyak meraih kue? Yg berada di puncak struktur? Yg paling ambisius? Teknokrat?

*ingin bermuka badak dan berhati singa. tabah, tegar, tanpa malu dan tanpa beban menghadapi apa saja.
-------

*Kalau takut tidak bisa adil, mestinya takut juga punya banyak anak. Anak harus diperlakukan secara adil juga bukan? Jadi yg punya banyak anak otomatis siap adil donk, hehe...

*Membayangkan netbook kecil yang dilengkapi push email serta semua fitur blackberry, termasuk ketahanan baterainya. Netbook rasa BB atau BB rasa netbook.

*Madhep marep manteb mulih nyang mban...

*Pada harta orang kaya, ada hak orang miskin. Pada kepandaian orang pintar, ada bagian untuk orang bodoh??

*Orang yang setia pada hal2 kecil, akan demikian pula terhadap hal2 besar. (Andre Gide)
*Perpisahan yang mana pun akan lebih berat tanpa disertai ucapan selamat tinggal (seorang tokoh dalam sebuah film)

*Saat belajar adalah saatnya gagal, tapi bukan berarti gagal dalam belajar. Apa parameter keberhasilan proses belajar?

*Kebranang ing gegayuhan
*Tunggak waru aku ora melu2, godong dadap aku ora melu nggarap

*Segala sesuatu pasti, hanya kita belum tahu matematikanya. Segala sesuatu punya rumus, hanya kita belum tahu teorinya.

*Mencoba percaya bahwa selalu ada gambar besar, desain besar, di balik semua yang terjadi. Biar tenang...

*Sebenarnya suka baju dengan banyak saku. Tapi mau pakai rompi kok kesannya norak ya.

*Apakah bedanya dunia maya dengan dunia imajiner serta dunia proyeksi (d aksen) dan dunia yang dibuat-buat?
------

*Biasanya orang besar yang memaklumi kesalahan orang kecil atau justru orang kecil yang harus memaklumi kesalahan orang besar? Atau saling memaklumi?

*Kagum & heran dgn selera tvri. Jam segini kok wayangan. "Buta Pandawa tata gati wisaya. Indriyaksa sara maruta. Pawana bana margana samirana"

*Jas merah= jangan sekali2 melupakan sejarah. Jaket merah= jangan kaget baca sejarah. Baju merah= bapak2 juga baca sejarah. Kaos merah= kadang orang suka sejarah

*Bete. Gagal terus setting BB sebagai modem eee pc windows XP via bluetooth dongle. Tidak ketemu kolom untuk memasukkan "dial string"

*Kenapa majalah/tabloid ti-seluler bejibun tapi majalah iptek nyaris tak ada? Apa ke depan jumlah profesor TI lbh byk drpd prof iptek? Bppt jadi bppti? Itb jadi itib?

*ingat Suara Karya tahun 1987an yang tiap senin menampilkan hal teknologi penerbangan 1-2 halaman. Penulis khasnya Mei Kartyono.
--------

*Berapa banyak kenaikan traffic dan revenue penyedia Internet (jasa & jaringan) karena facebook? Berapa banyak sih pengguna facebook di indonesia?

*Mengapa semua jalan jadi seperti halaman facebook yang penuh gambar wajah orang? Ini namanya facestreet donk?

*Pengen hidup santai tapi kok malah mengumpulkan alat yang membuat hidupnya sulit santai. Ironis

*Hidup di kota besar umumnya tidak sehat. Tapi, pendidikan mengajari (atau menuntun atau menuntut) orang (desa) untuk pindah ke kota besar...

*Kalau ada orang tiba2 jadi kaya raya, negara akan mengusut kekayaannya itu dengan segala cara & alat. Kalau ada yg tiba2 jatuh miskin, apa yg akan negara lakukan?

*Saatnya foto2 mengabadikan facestreet (jalanan penuh gambar wajah). Setelah 5 april tidak ada lagi.
*Trapped at the center of troubles. Sangat menantang. Siap digantung sewaktu2 deh...

*mulat sarira hangrasa bingung

*A woman marries a man expecting he will change, but he doesn't. A man marries a woman expecting that she won't change, and she does. (kutipan yang lupa di mana sumber aslinya)

*Bagaimana kira2 bentuk social networking di era post-facebook? Ayo kita bikin biar bisa mengalahkan si zuckerberg itu, hehe......
--------

*Banyak orang pintar berpendidikan tinggi menetapkan kriteria terlalu tinggi dalam memilih partai atau caleg. Akibatnya malah golput. Adakah tools untuk membantu mengatasi masalah ini?

*Banyak orang protes tdk kenal caleg, protes byk gambar di jalan, tapi tdk mau datang kampanye, tdk mau dengar or nonton kampanye. Lalu golput. Piye to? Cara apa lagi biar caleg dikenal?

*Harga iphone 3G= harga motor= 2x Blackberry 8310= 2x netbook= 10x tv 14 inchi= 8x kulkas= 7x mesin cuci= biaya kuliah 1 tahun?

*Save our (very limited) badwidth

*Jarak masih menjadi masalah. Inginnya rumah-kantor tidak lebih dari 15 km, tanpa macet. Siapa harus mendekat? Hehehe. Jakarta oh jakarta.
------

*Benarkah the cost of doing nothing bisa lebih mahal daripada cost of doing something?

*Mengimpikan perkembangan mekatronika & material yg memungkinkan hadirnya sepeda motor (elektrik?) lipat yg dpt dimasukkan koper.

*Bahagia tanpa bersenang senang. (samakah dengan kaya tanpa harta, menang tanpa mengalahkan, mikir tanpa otak? Hehehe)

*Bersyukur Allah berkenan menjaga & melindungi keluarganya melalui 3 pekan yg rumit. Dan memohon perlindungan untuk 2 pekan yang mungkin lebih rumit di akhir bulan.

*Bagaimana kalau pemilu diserahkan ke eo swasta atau multinational company saja ya?

*Ternyata salah satu kunci untuk sukses adalah tidak tahu malu. Bisa karena culun, lugu, naïve, atau memang muka badak.

*Bisa kah tenang di hari tenang?

*Mana tahan? mana paham? Mana bahan? Mana saham? Mana lahan.
*La la la la, la la la mana paham. Mana bisa paham?

*Inilah saatnya mengucap syukur pada ilahi & terimakasih pada setiap hati. Damailah dlm pelukan malam, krn pagi nanti akan kita tanamkan kembali benih2 arti kehidupan... (radio mara)

*Haruskah setiap hari mohon maaf untuk kesalahan2nya maupun kesalahan2 orang lain? Mohon maaf, sorry, punten, nyuwun pangaksami, afwan, sumimasen, es tut sehr mir leid.

*Selamat pagi, jakarta. Di pintumu kau tak sambut tanganku. Hanya suara tawamu terdengar parau, jakarta. Dan nafasmu gemuruh gemerlapan. Seperti sengaja kau ciptakan untukku. Sementara masih tersisa gema doa di mulutku (ebiet)

*Inikah jakarta? Hanya beginikah sikapmu jakarta? Atau aku yang salah kalau ku katakan kau tak ramah? (ebiet)

*Matinya pull mail. Heran mengapa sampai sekarang tidak ada yang benar2 serius menggarap push mail service selain RIM. Yang lain terkesan amatiran. Amateur push mail service?

*Mengapa penjualan blackberry di Indonesia tidak terkena krisis?