09 November 2011

Persiapan untuk bepergian


Bepergian ke negeri yang jauh, kadang membawa kejutan tersendiri, bahkan untuk orang yang sudah berkali-kali ke luar negeri. Hal-hal kecil seperti charger yang mati, colokan listrik yang tidak cocok, sampai dengan koneksi Wi-Fi, Internet serta seluler yang tidak sesuai perkiraan bisa menjadi masalah.

Kesempatan charging yang singkat sementara perjalanan luar ruang yang lama perlu menjadi perhatian. Demikian pula dengan kemungkinan masalah peranti lunak serta kompatibilitas perangkat.

Berikut ini beberapa hal yang menurut saya perlu disiapkan dengan baik. Persiapan yang relatif mudah dan murah di Indonesia, namun harganya ketika di sana (baik harga harfiah maupun harga sosialnya) bisa sangat tinggi.

1. Baterai cadangan untuk telepon seluler. Baterai sebaiknya bisa dicharge secara terpisah. Bisa benar-benar berupa baterai yang tinggal dipasangkan, bisa juga dengan power bank. Alangkah baiknya jika peralatan ini bisa juga menjadi alternatif opsi charging untuk mengantisipasi kemungkinan sewaktu-waktu charger mati di sana. Beberapa kali ke luar negeri, baru kali terakhir bulan lalu lah saya mengalami charger ponsel mati dan tidak ada serepnya. Untung bisa ngecharge lewat televisi di kamar hotel yang memiliki colokan USB.

2. Colokan universal untuk mengantisipasi bentuk-bentuk colokan yang tidak sesuai dengan charger hape atau charger laptop.

3. Pembagi sambungan agar bisa ngecharge hape, baterai cadangan, serta laptop dalam waktu bersamaan terutama pada malam hari ketika tidur. Kegiatan di luar kota atau di luar negeri biasanya padat dan kesempatan charging hanya pada malam hari. Kalau colokan cuma satu sementara perangkat yang harus discharge cukup banyak maka harus berkali-kali bangun di malam hari untuk nyolok listrik.

4. Bawa ponsel lebih dari satu mungkin termasuk salah satu opsi. Meskipun jarang sekali ada orang mengalami masalah serius dengan hape ketika dalam perjalanan singkat, namun bagi orang-orang yang harus selalu online, membawa cadangan hape termasuk hal yang perlu dipertimbangkan. Tidak harus yang sama, yang amat murah juga tak apa. Sebaiknya yang baterai atau colokannya bisa sharing sehingga tidak memperberat beban.

5. Bagi wartawan yang perlu banyak menulis namun terlalu berat membawa laptop, maka tablet atau ponsel dengan fitur USB on the go bisa jadi pilihan. Membawa ponsel USB on the go plus keyboard PC kayaknya lebih ringan daripada membawa laptop.

Tidak ada komentar: