19 Mei 2009

Saatnya membeli ponsel QWERTY


Ponsel dengan fitur fasilitas papan ketik QWERTY dan akses jaringan 3G saat ini dapat diperoleh dengan harga di bawah Rp2 juta (baru, branded, ada GPS pula). Jika mencari tambahan fitur 3G atau bahkan HSDPA, sudah dapat diperoleh dengan harga di bawah Rp3 juta. Dengan tambahan touch screen, diperoleh dengan Rp3,5 juta. Jika tanpa 3G, bahkan dapat diperoleh dengan harga di bawah Rp1 juta (baru, nonbranded, dual on).

***
Sejak awal mengenal ponsel, saya selalu menyukai fitur papan ketik QWERTY. Sebagai orang yang banyak berurusan dengan teks, dan lebih menyukai komunikasi tertulis dibandingkan omong-omong, adanya papan ketik QWERTY menjadi sesuatu yang sangat menguntungkan bagi saya.

Sayangnya, ponsel dengan papan ektik QWERTY selama ini selalau ditempatkan untuk segmen bisnis dengan harga jual yang relative lebih mahal dibandingkan dengan ponsel lain. Fitur lain yang disertakan pada ponsel QWERTY pun umumnya lumayan banyak mengingat segmen yang disasarnya umumnya dianggap bisa mengalokasikan uang yang lebih banyak untuk ponsel. Jadinya, banyak fitur yang sebenarnya tidak perlu terpaksa harus ikut dibeli.

Oleh sebab itu, senang sekali rasanya saya mengamati perkembangan satu bulan terakhir yang menunjukkan gejala bahwa ponsel dengan papan ketik QWERTY mulai dipasarkan dengan harga yang jauh lebih masuk akal dibandingkan setengah tahun yang lalu.

Nokia e63, salah satu favorit saya, waktu awal diperkenalkan secara global sekitar setengah tahun yang lalu, sudah disebut bahwa harganya sekitar 250 euro. Harga yang diumumkan itu lebih murah dibandingkan harga e71. Akan tetapi, pas masuk ke Indonesia, harga jualnya masih mendekati (atau bahkan melampaui) Rp4 juta.

Sekarang, Nokia e63 dapat diperoleh dengan harga Rp2,85 juta. Sudah dekat sekali dengan 250 euro seperti yang digemborkan Nokia di pasar global. Dalam ponsel ini ada fitur ada 3G (bukan HSDPA), Wi-Fi, memori besar, kamera 2 mega piksel.

Yang mirip dengan itu, Samsung i600, dipasarkan dengan harga sekitar Rp2,9 juta. Saya mengenal pertama Samsung i600 itu di Hong Kong pada Desember 2006 di arena ITU World. Banyak sekali baliho tentang produk Samsung Black Jack seri II itu. Waktu masuk ke Indonesia pada 2007, ponsel ini dijual dnegan harga sekitar Rp6 juta. Ini salah satu favorit saya juga. Ada 3G, HSDPA, Wi-Fi, Windows Mobile. Bentuknya sangat mungil dan tipis. Warna hitamnya juga tampak elegan. Sayangnya tidak dilengkapi dengan layar touch screen.

Nah, versi pembaruan dari Samsung, dengan tambahan touch screen, muncul pada seri i780. Waktu awal masuk pasar, ponsel ini juga dijual dengan harga Rp6 jutaan. Kemarin saya lihat iklannya di koran, dijual dengan harga Rp3,49 juta dengan Simpati Pede. Menarik sekali.

Ada satu kejutan lagi terkait ponsel branded. LG K610 (yang pernah saya singgung juga dalam tulisan di blog ini tentang downgrade produk ala Nokia), kini turun harga secara signifikan. Ponsel QWERTY dengan 3G dan GPS buatan Korea Selatan itu sekarang seri barunya dijual dengan harga Rp1,9 jutaan. Pada awal kehadirannya, produk yang diklaim sebagai communicator mini ini dijual pada kisaran Rp4 juta.

Kalau puas dengan non-branded dan tidak butuh 3G namun mengidamkan QWERTY, bisa pilih Nexian G900 yang dipasarkan dengan harga Rp999.000.

Nah, barangkali sekarang saat yang tepat untuk berburu ponsel QWERTY?? Wallahu alam.

Foto dikompilasi dari berbagai situs

3 komentar:

Setyardi Widodo mengatakan...

Copy from facebook

NA at 12:46pm May 19
beda keunggulannya apa sih om dg Blackberry?

Setyardi 'Kelik' Widodo at 12:51pm May 19
-persamannya dnegan blackberry: bentuknya, sama-sama qwerty
-perbedaanya: buanyak. blackberry kan lebih banyak terkait layanan-nya: push mail, unlimited internet access, dan aplikasi yang melekat.

NA at 12:53pm May 19
oo..berarti masih unggul blackberry donk om?wah emg harga ga bisa boong ya :p..thx beraaat

MA at 12:56pm May 19
dek kelik ki wet mau esuk gak kesel po'o dodolan ponsel ae.. hehe

BS at 12:57pm May 19
terimakasih buat info LGK610-nya. Bisa push email khan si LG K610?

PL at 1:05pm May 19
wah ciamik om, lumayan buat referensi saya yang masih melirak-lirik hp qwerty murah

NA at 1:06pm May 19
iya kaka saya semalem jga nanyain..sepertinya nexian itu bakal laku keras yah

RSN at 1:56pm May 19
sebetulnya saya pengen banget N96 dik..tapi msh muahal...sekarang ada E75...pilih mana ya?..skrg pk N95 krn saya srg disuruh dines luar kota jadi sekalian saya butuh kameranya..tapi ngiler banget ma N73..nya...bantuin pilihya...tengkiu..bangettsss

IM at 2:50pm May 19
Nokia banget ... coba HTC ...

Setyardi 'Kelik' Widodo at 3:32pm May 19
@ kalau HTC ada yang di bawah rp3 juta (brand new) baru asyik, hehehe

@ pilih yang paling sreg saja. kalau sabar tunggu 3 bulan setelah harganya mencapai kesetimbangan, hehehe. kalau baru diluncurkan biasanya mahal. setelah bosen pakai, gampang kok dijual kembali. Hp itu, apalagi Nokia, cukup liquid.

@ secara teoritis ada aplikasi push mail untuk symbian s60 yang dipakai LG k610. tapi saya belum pernah coba. kalau mau sampai 10 account dengan ratusan atau ribuan email per hari ya harus pakai blackberry.

RSN at 5:16pm May 19
makasih ya dik...jadi makin mantep..nabung e..hehehe

AI at 5:17pm May 19
beberapa waktu lalu saya dapat brosur nexian yang dibandrol rp 999 ribu tersebut. dengan menggandeng operator xl, di sana diiming-imingi dengan facebook, fasilitas chatting, dan email. betapa murah, pikir saya. namun tidak jelas software apa yang dipakai di sana.

NA at 5:36pm May 19
Rp2 jt, qwerty, baru? pasti black, black market ya pakde?

Setyardi 'Kelik' Widodo at 5:39pm May 19
@ selamat menabung.
@ nexian memang unik tuh. kayaknya laris manis di mana-mana.
@ coba deh cek di LG center ambassador

NA at 6:00pm May 19
kayaknya itu KT610 gw yang hilang udah 2jutaan yak? hiks hiks jadi inget

AS at 6:14pm May 19
dari ponsel QWERT yang beredar, menurut Mas Kelik mana yang terbaik? karena semakin banyak variannya jadi bingung. Yang non Blackberry.

Setyardi 'Kelik' Widodo at 6:18pm May 19
pilih saja yang paling mahal. hampir pasti itu yang paling baik.

AW at 3:02pm May 20
ponsel QWERTY, bikin nyaman buat status baru di FB..., asyik !!!

RP at 10:43pm May 20
yg baru, branded, ada gps dibwh 2 jt apa mas?

Setyardi 'Kelik' Widodo at 1:30pm May 21
wis jelas-jelas saya tulis di sini lho: "Ada satu kejutan lagi terkait ponsel branded. LG K610 (yang pernah saya singgung juga dalam tulisan di blog ini tentang downgrade produk ala Nokia), kini turun harga secara signifikan. Ponsel QWERTY dengan 3G dan GPS buatan Korea Selatan itu sekarang seri barunya dijual dengan harga Rp1,9 jutaan. Pada awal kehadirannya, produk yang diklaim sebagai communicator mini ini dijual pada kisaran Rp4 juta."

jayadi mengatakan...

ada gak ya qwerty + wifi + dual sim + tft 262k + edge + kamera 1.3 mp = 1.5 jt

Anonim mengatakan...

KLO NEXIAN ITU KELEBIHANNYA CUMA : MURAH & CHATING NYA ITU LHO ADA CHATROOM NYA KAYAK YAHOO MESENNGER DI KOMPUTER .BTW MAKIN KESINI NEXIAN MAKIN MURAH TUH ADA HP 3G QWERTY HARGANYA CUMAN 600 RIBUAN KLO EMANG DOYAN CHATING Y G BAKAL RUGI DEH BLI NEXIAN . TAPI JGN TERLALU BERHARAP BANYAK SOAL FITUR FITUR YG LAIN ...HUA HUA HUA