06 September 2010

Ajisaka Falasiva

Alhamdulillah, telah lahir anak kedua kami, laki-laki, pada Kamis, 2 September 2010 (23 Ramadhan 1431 H), pukul 05.00. Panjang 48 cm, bobot 3,3 kg. Lahir melalui operasi caesar di Bandung. Kami berencana memberinya nama Ajisaka Falasiva.

Ajisaka diambil dari nama dalam legenda penciptaan huruf Jawa. Cerita lebih lengkap mengenai Ajisaka bisa disimak melalui http://inspirana.blogspot.com/2010/05/ajisaka-dan-cikal-bakal-budaya-tulis.html

Beberapa hal yang kami pikir perlu digarisbawahi tentang tokoh tersebut antara lain:

*Ajisaka adalah seorang inventor-innovator, pencipta huruf Jawa. Huruf, kita tahu, adalah sarana andal untuk transfer pengetahuan, transfer informasi, sarana pengajaran dan pendidikan. Huruf adalah komponen sangat penting bagi kemajuan perikehidupan manusia.

*Ajisaka adalah manusia bertindak, bukan semata-mata pemikir dan inventor. Buktinya, dia tidak berdiam diri menghadapi kesewenang-wenangan Raja Dewata Cengkar. Dia mengalahkan Dewata Cengkar, sang pemangsa manusia, melalui cara yang sangat berani sekaligus cerdik.

*Ajisaka adalah seorang yang menjadi raja bukan karena keturunan. Menurut legenda, dia merantau ke Pulau Jawa dari Negeri Majethi. Dia menjadi raja setelah perjuangan mengalahkan Dewata Cengkar.

Adapun Falasiva diambil dari bahasa Arab, artinya para filosof. Filosof adalah orang yang biasa berpikir mendalam, berusaha mencari makna di balik fenomena. Dipilih kata falasiva, bukan filosof, failasuf, atau falasifah, supaya lebih estetis dalam penulisan dan pengucapan. Bukankah selain memikirkan hakikat, mempertimbangkan estetika juga tetap penting?

Di sisi lain, suku kata fa, la, dan si merupakan penyusun nada. Nada, bila kombinasinya tepat, adalah alat bagi terbentuknya keindahan yang bersifat universal. (Pokoke agak othak-athik gathuk lah, hehehe)

Nama panggilannya saka yang dalam bahasa Jawa berarti tiang. Saka juga sering disebut sebagai sistem kalender (Jawa). Ndilalah anak ini kok lahirnya persis usia 40 pekan menurut kalender kehamilan yang sederhana itu. Nama panggilannya tidak jauh-jauh amat dari nama kakaknya, Sekar.

Mohon berkenan mendoakan agar anak yang lahir pada bulan Ramadhan ini memenuhi harapan seperti tersirat dalam namanya, mampu menjadi qurrota a’yun bagi kedua orangtuanya, serta menjadi kebanggaan keluarga dan bangsanya. Semoga Ajisaka Falasiva menjadi manusia yang sehat, kuat, baik, saleh, cerdas, pintar, rupawan, berani, beruntung, dan bahagia.

Terima kasih banyak. (Setyardi Widodo & Erma Yulihastin)

6 komentar:

roi mengatakan...

selamet ya Do,
moga-moga jadi anak yang sholeh.

Setyardi Widodo mengatakan...

aamiin. terima kasih Kang Rommy

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah, Lik...semoga Saka menjadi anak yg membela kebenaran dan berpihak pada yg lemah ya ...lembut dan patuh sama ibu, berani dan kritis sama bapak, dan menjadi penjaga bagi kakaknya...

Nash (old friend at Karisma)

Setyardi Widodo mengatakan...

allahumma aamiin. terima kasih banyak Kang Nash. semoga banyak kebaikan pula untuk Kang Nash sekeluarga.

Suck Sinar Mitra Sepadan Unofficial blog mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
yanmaneee mengatakan...

cheap jordans
balenciaga trainers
jordan retro
nike jordans
supreme outlet
nike air max
michael kors outlet
balenciaga shoes
michael kors outlet
yeezy