25 Oktober 2011

Ketika penguasa tersandung tukang rumput

Hiruk pikuk tentang tukang kebun atau tukang rumput dan pembesar membawa ingatan saya terhadap cerita tentang Bupati Semarang, Adipati Pandanaran, yang berkuasa lima abad yang lalu.

Adipati Pandanaran adalah orang yang hebat. Selain berkuasa, dia juga pandai berbisnis serta berdagang. Hartanya melimpah ruah. Sebagai orang kaya dan berkuasa, dia punya kuda yang hebat dan mahal.

Suatu hari, pekathik yang bertugas memelihara kuda berhalangan. Jadi kuda-kuda mahal belum diberi rumput. Lalu datanglah tukang rumput yang baru dikenalnya. Si tukang rumput menjual rumput bagusnya dengan harga di bawah pasaran.

Esoknya, hal yang sama kembali terjadi. Tukang rumput datang lebih pagi dan menawarkan rumput yang lebih bagus. Ketika ditanya, si tukang rumput mengaku berasal dari tempat yang jauh. Adipati Pandanaran pun tidak percaya tukang bisa datang dari tempat yang begitu jauh sepagi itu.

Sebelum pergi, tukang rumput minta sedekah. Ketika diberi uang, dia tidak mau. Yang diminta adalah bunyi beduk di kota Semarang yang berarti meminta Adipati Pandanaran agar membangun mesjid.

Tentu saja hal itu ditolak. Lalu terjadilah dialog sengit yang intinya mempersoalkan peran harta. Si tukang rumput menyatakan bahwa harta bukanlah hal penting, dia bisa mencangkul emas di tanah.

Sang Adipati marah dan meminta tukang rumput itu membuktikan ucapannya. Lalu mencangkullah si tukang rumput. Dan ajaib, dari bongkahan tanah itu benar-benar muncul emas.

Maka bertobatlah sang Adipati. Tukang rumput itu tak lain adalah Sunan Kalijaga yang mendapat tugas dari para wali untuk mengingatkan penguasa Semarang.

Singkat cerita, Adipati Pandanaran berguru pada Sunan Kalijaga, meninggalkan semua harta kekayaannya, dan pada akhirnya dikenal dengan nama Sunan Bayat atau Sunan Tembayat.

Kisah perjalanan Adipati Pandanaran dalam berguru ini menjadi cerita mengenai asal usul daerah Salatiga dan beberapa tempat di sekitarnya.

***
Ada juga versi lain soal bertobatnya Adipati Pandanaran. Konon ada tukang rumput tua yang biasa mengirimkan rumput untuk kuda Sang Adipati, namun di dalamnya terselip emas dan barang berharga.

Beberapa kali hal itu terjadi, sampai suatu saat tukang rumput tua menghentikan pasoknya. Sang Adipati memaksa tukang rumput memberikan rumput yang disertai emas. Lalu sang tukang rumput yang tak lain adalah Sunan Kalijaga menunjukkan keajaiban dengan cara mencangkul tanah yang di dalamnya muncul emas.

Intinya sama-sama menunjukkan bahwa Sunan Kalijaga menyamar jadi tukang rumput, ada keajaiban dalam mencangkul tanah, serta penguasa yang gila harta itu bertobat dan kemudian menjadi pengikut utama dari Sang Wali.

***
Belakangan ini kita dikejutkan oleh berita tentang tukang kebun, kadang disebut pula tukang rumput, yang diamankan karena melintas di hadapan pembesar.

Soal hubungan tukang kebun dengan penguasa atau pembesar ini, mungkin kita bisa belajar dari cerita tentang Bupati Semarang Adipati Pandanaran alias Sunan Bayat alias Sunan Tembayat itu.

*) Gambar Sunan Kalijaga diambil dari forumsejarah.blogspot.com

6 komentar:

Anonim mengatakan...

GjvTcy [url=http://chaneljponline.org/]シャネル 財布[/url] UatMdl http://chaneljponline.org/ GgmSxo [url=http://www.coachjpsales.net/]コーチ 財布[/url] EegNjn http://www.coachjpsales.net/ LxeQnl [url=http://pradasjapan.net/]プラダ バッグ 新作 2012 秋冬[/url] FqaKaf http://pradasjapan.net/ GslBsh [url=http://coachonsales.org/]コーチ アウトレット[/url] YqjNnc http://coachonsales.org/

Anonim mengatakan...

I want to to thank you for this fantastic read!
! I absolutely loved every little bit of it. I have you book marked to check out new stuff you post…

Here is my web site: rolexコピー

Anonim mengatakan...

I couldn't refrain from commenting. Well written!

Feel free to surf to my blog post; プラダ バッグ

Anonim mengatakan...

You've made some really good points there. I checked on the internet for additional information about the issue and found most people will go along with your views on this site.

Here is my web-site :: スーパーコピー時計

Anonim mengatakan...

Wow, amazing weblog structure! How long have you been running
a blog for? you made running a blog glance easy.
The entire glance of your web site is magnificent, let alone the content material!


Feel free to surf to my blog post :: 激安プラダ バッグ

yanmaneee mengatakan...

pandora
kyrie 6 shoes
kyrie 7 shoes
kyrie shoes
off white x jordan 1
nike react
hermes online
moncler coat
giannis antetokounmpo shoes
kenzo