14 Maret 2012

Pilih netbook atau tablet murah?


Belum lama ini saya sempat jalan-jalan ke pusat pertokoan komputer untuk melihat perkembangan tablet dan netbook. Ternyata yang paling ramai dijajakan, dipromosikan besar-besaran, serta dipasang di lemari display adalah tablet.

Dalam hal tablet, yang paling banyak muncul di display adalah Advan (Vandroid) T2 dan T1c. Yang T2 speknya lumayan, tetapi tidak dilengkapi dengan 3G. Harga Vandroid T2 berkisar antara Rp1.150 hingga Rp1.500 (tergantung toko dan paket yang disertakan). Adapun T1C seharga Rp2 juta.

Opsi lain adalah tablet IMO. Ini agak jarang tetapi bisa ditemui, misalnya IMO X1 seharga Rp1,7 juta sudah dual SIM, 3G, serta ada TV analog. Softwarenya pun Android 2.3. Sayang prosesornya di bawah 1GHz.

Yang juga agak menarik tablet dari A*Note. Tablet termurahnya seharga Rp1 juta (Vtab VT-751) sudah dapat keyboard, case, serta kabel penghubung dari slot ke lubang USB dan LAN. Ini menarik karena juga memungkinkan pemakaian mouse. Dalam satu paket lengkap, bentuknya jadi mirip netbook, Cuma ada konektor dan kabel nongol yang membuatnya kurang indah.

***
Sejatinya saya lebih tertarik dengan netbook daripada tablet. Menurut saya, tablet lebih cocok untuk memproduksi informasi, menulis, ngeblog, nyetatus dan semacamnya. Adapun tablet lebih nyaman untuk mengkonsumsi informasi, lebih ringan. Dan keunggulan utamanya adalah menawarkan pengalaman baru misalnya karena layar sentuhnya atau software Androidnya.

Jadi, saya berusaha mencari informasi tentang netbook yang ukurannya benar-benar kecil dan ringan. Saya masih terkesna dengan Asus Eee PC generasi pertama yang layarnya 7 inchi dan terutama bobotnya cuma 900 gram sudah termasuk baterai. Dengan charger pun bobotnya paling 1,1 kg.

Ternyata sulit menemukan netbook seringan itu sekarang. Rata-rata netbook memiliki layar 10 inchi dan bobotnya di atas 1,3 kg. Bahkan kalau dengan baterai 6 sel atau dengan charger, bobotnya kebanyakan di atas 1,6kg. Terlalu berat untuk ditenteng-tenteng.

Ada sih netbook ringan, Asus Eee PC seri X101 yang bobotnya di bawah 1 kg, softwarenya MeeGo (yang diskontinu), dan harganya paling menawan: Rp1,7 juta. Sayangnya, unit ini hanya ada di brosur. Sudah tidak ada lagi yang menjual dalam format baru.

***
Setelah jalan ke sana ke mari saya melihat ada yang jual Elevo R7, ukuran 7 inchi dan harga yang dicantumkan cuma Rp1,2 juta. Ini sangat menarik. Apalagi di situ tertulis softwarenya Android.

Setelah tanya-tanya, ternyata harga yang benar adalah diskon besar-besaran, yakni Rp600 ribu. Mencengangkan.

Ada tiga pilihan yakni pakai Android, pakai Windows CE, serta pakai Windows CE plus software pembelajaran. Ini jelas pilihan menarik, bahkan lebih murah daripada tablet termurah.

Begitulah sekilasan hasil jalan-jalan ke pertokoan komputer.
***

Kredit foto: PonselIMO dot com

1 komentar:

Anonim mengatakan...

untuk netbook dengan harga Rp. 600rb tsb dapat ditemui dmana ya....