15 Maret 2012

Sekilas tentang netbook Elevo R7

Elevo R7 sangat menarik. Pertama, karena ukurannya yang kecil dan bobotnya yang ringan. Ini lebih kecil dan lebih ringan daripada netbook Asus Eee PC generasi pertama (yang benar-benar pertama meluncur di segmen netbook lho).

Kedua, karena harganya yang sangat murah. Harga aslinya di Jakarta Rp1,25 juta. Akan tetapi harga setelah diskon hanya setengahnya. Ini bahkan lebih murah daripada tablet termurah yang dijual saat ini.

Elevo R7 dijual dalam tiga pilihan. Pertama dengan sistem operasi Android (yang gak jelas versi berapa). Kedua adalah Windows CE saja. Ketiga adalah Windows CE yang dilengkapi dengan beberapa software pendidikan untuk anak SD.

Netbook ini dilengkapi dengan WiFi, dua port USB, ada port untuk earphone dan mic, namun tidak ada port LAN.

Netbook yang dilengkapi Windows CE sudah menyertakan Office (di dalamnya ada WordPad juga). Namun, kata penjualnya, ini tidak bisa mengenal modem. Jadi Internetnya akan tergantung pada WiFi.

Adapun yang versi Android belum ada program pengolah kata untuk mengetik, namun bisa mengenali modem tertentu. Saya pilih yang versi Android. Itulah satu-satunya unit Elevo R7 Android yang tersisa di toko tempat saya membeli.
***

Netbook ini menyenangkan karena sangat ringan. Chargernya juga ringan seperti charger ponsel saja. Keyboardnya lengkap namun ukurannya sekitar 80% dari keyboard pada umumnya. Untuk mengetik lebih nyaman daripada layar sentuh, namun terasa agak keras dan ceplak-ceplok.

Yang paling menyebalkan, bagian layar hanya bisa dibuka sekitar 130 derajat terhadap bagian keyboard. Akibatnya, kalau melihat ke layar seolah-olah mengintip atau netbook ini agak dimiringkan. Desain fisik yang aneh sekali dan sangat mengganggu. Dengan kondisi ini, netbook itu hanya cocok digunakan pada meja yang tinggi.

Secara umum kinerja netbook ini lumayan. Bisa mengenali WiFi dengan baik, bisa juga mendeteksi modem Huawei yang saya punya. Koneksi internet sempat tersendat entah kenapa. Connected tetapi browsernya tidak bisa buka ke mana-mana. Dan entah mengapa hal ini terpecahkan dengan sendirinya. Koneksi pun berlangsung lancar.

Soal penggunaan, masalah muncul karena saya belum terbiasa dengan Android. Selain itu, antarmuka Android agaknya didesain untuk layar sentuh. Jadi untuk netbook tanpa layar sentuh malah jadi agak ribet.

Menurut pembuatnya, Elevo R7 memiliki Processor ARM9 (533MHz), layar 7 inchi 800x480pixels, RAM 128MB, Storage 2GB, Wifi 802.11b/g, 2 usb port, 2 in1 SD Card, Audio port in/out, baterai Li Polymer yang tahan sampai 3 jam pemakaian.

Kredit foto: Elevo dot co dot id

8 komentar:

bejosatriomangkurondo@gmail.com mengatakan...

siip neh gan,,,

lidia Amalia mengatakan...

Ada kamera dpnx ga

Anonim mengatakan...

Ada. kameraa banciiii.... hahaha

Dhani Uchiha mengatakan...

punya saya gabisa dicas nich gan,. knp ya,.???

Asti Wibyfirst mengatakan...

q punya tapi msih bingung cara pemakiannya...
bisa ajarin g' ya....???

Anonim mengatakan...

ane pengen beli nih. . .tpi yg ada di toko mana yh

Anonim mengatakan...

Info menarik

mbOb mengatakan...

bisa buat nonton film n maen game gak min?
itu bisa buat mc word, mc exel, mc power point kah???