15 September 2008

Peranan Atmosfer Bumi


Anda mengalami kesulitan untuk menjawab pertanyaan mengenai fenomena alam yang terkait dengan cuaca dan iklim dari anak, murid, keponakan, atau rekan? Atau bahkan Anda mengalami kesulitan untuk memahami berita seputar iklim, atmosfer, dan pemanasan global di media massa?

Barangkali buku berjudul 'Peranan Atmosfer Bumi' bisa membantu Anda.

Buku karya Erma Yulihastin ini ditulis dengan gaya bahasa yang mudah dipahami anak dan remaja.

Tampilan full colour dengan gambar-gambar indah di setiap halaman membuat buku terbitan Azka Press (Grup Ganeca Exact) ini lebih memikat dan mudah dicerna.

Latar belakang penulis yang alumnus Geofisika dan Meteorologi ITB, serta pekerjaannya sebagai staf peneliti pada Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional menjadi jaminan tersendiri terhadap kualitas konten buku ini.

Adapun pengalaman penulisnya sebagai mantan wartawan (Tempo News Room), aktivitasnya sebagai Ketua Forum Lingkar Pena Kabupaten Bogor, serta konsistensinya dalam membuat tulisan ilmiah populer untuk koran (PR, Tribun, Kompas Jabar, Sindo) membuat penyajian masalah rumit menjadi mudah dimengerti.

Buku itu terdiri atas 52 halaman dalam tujuh bab sebagai berikut.

Satu, menjelaskan mengenai Bumi kita, atmosfer yang selalu bergerak, apa yang menggerakkan atmosfer, bagaimana atmosfer bergerak, manfaat atmosfer, dan susunan atmosfer.

Dua, menguraikan beberapa rahasia penting mengenai atmosfer Indonesia.

Tiga, mengupas singkat tentang ilmu meteorologi dan perkembangan teknologi terkini dari ilmu tersebut.

Empat, menceritakan apa yang dimaksud cuaca dan iklim serta apa saja yang membentuk cuaca dan iklim.

Lima, menggambarkan gejala cuaca dan iklim yang tampak sehari-hari seperti hujan, awan, angin, badai, banjir.

Enam, menerangkan pentingnya informasi cuaca dan iklim untuk keperluan di berbagai bidang seperti penerbangan, pelayaran, transportasi darat, pertanian, perkebunan, kehutanan, peternakan, kesehatan, industri, lingkungan hidup. Di bagian ini juga dijelaskan tentang kantor cuaca dan iklim yang memberikan layanan informasi cuaca dan iklim di Indonesia.

Tujuh, menjelaskan seputar perubahan iklim dan pemanasan global. Betulkah iklim dunia berubah? Apakah yang menyebabkannya? Bagaimana dengan pemanasan global? Apakah ada kaitan antara pemanasan global dan perubahan iklim? Lalu apa yang bisa dilakukan untuk mengurangi pemanasan global?

Semoga buku ini bermanfaat.

Spesifikasi buku: B5 Full colour, kertas isi MP 100 gram, cover AC/Ivory 210 gram, jilid block lem.
Harga: Rp30.000