09 Desember 2008

Langkah tepat downgrade produk ala Nokia


Nokia mengumumkan produk E63 yang bentuknya sama dengan E71 namun fiturnya lebih dekat ke E61i. Karena diluncurkan setelah E71 yang mahal dan lengkap itu, produk ini disebut sebagai downgrade dan dipasarkan dengan harga yang jauh lebih murah. Bagi saya, ini menunjukkan perilaku responsif Nokia.

Sependek ingatan saya, E71 adalah produk ketiga Nokia yang mengadopsi desain QWERTY dan fisik mirip Blackberry. Sebelumnya, vendor dari Finlandia itu sudah membuat seri E61 yang berukuran besar, lalu disempurnakan dengan E61i yang ukurannya tetap besar akan tetapi lebih tipis dan sudah memiliki kamera.

Nokia E71 banyak dipuji sebagai terobosan bagus Nokia dalam menggarap pasar kelas atas. Akan tetapi, harganya yang kelewat mahal dibandingkan rival-rivalnya menurunkan minat konsumen. Apalagi sebagian konsumen yang menyukai desain QWERTY dan fisik E71 justru sudah mendapat kepuasan melalui Blackberry. Data terakhir menunjukkan harga Nokia E71 masih di atas Rp4,5 juta (sebelum dollar gonjang-ganjing).

Saya suka dengan desain E71. Saya juga suka dengan WiFi, sambungan 3,5G yang tertanam, kamera, serta bobotnya yang ringan serta ukurannya yang relatif mungil dibandingkan dengan E61 maupun E61i.

Akan tetapi saya tidak tertarik dengan harganya yang mahal, serta fitur GPS yang tidak bisa dipakai tanpa peta terpasang atau tanpa sambungan Internet tak terbatas untuk akses peta online.

Saya suka kamera pada ponsel. Tetapi resolusi 3 mega piksel bagiku berlebihan. Jadi, penghilangan GPS serta penurunan kualitas kamera seperti pada E63 sangat menarik bagiku. Apalagi, menurut pengumuman, harga jual E63 jauh di bawah E71. Bahkan juga di bawah E61i yang baru (kalau ada atau masih beredar).

***
Saya sebenarnya juga berharap langkah downgrade dilakukan oleh LG untuk produk Communicator KT610. Produk LG itu sebetulnya sudah termasuk Communicator murah, yaitu harga peluncuran sekitar Rp3,5 juta.

Akan tetapi, fitur GPS tidak berguna dan ketiadaan WiFi membuatnya kurang kompetitif. Apalagi potensi jual kembalinya tidak seperti merek Nokia. Kalau LG berhasil downgrade Communicator kemudian menjualnya dengan harga Rp2 jutaan, mungkin akan lebih laris.

Wallahu alam
Sumber gambar: GSMArena