09 Desember 2008

Memanfaatkan Auto Text pada Blackberry

Blackberry memiliki fitur Auto Text yang unik nan menarik dan tidak ada pada ponsel lain. Fitur ini dapat diakses melalui Options (gambar kunci Inggris)--> AutoText.

Fungsi AutoText bawaan yang paling banyak berguna adalah sebagai korektor kalau kita melakukan kesalahan ketik. AutoText menjadi semacam kamus disesuaikan dengan jenis bahasa yang tersedia atau yang dipilih.

Akan tetapi, Auto Text juga berguna untuk memudahkan pengetikan hal unik yang panjang. Kombinasi huruf unik yang diset by default pada AutoText itu di antaranya:

LT (diikuti spasi) akan otomatis berubah menjadi jam.

LD (diikuti spasi) akan otomatis menunjukkan har/tanggal

mypin (diikuti pasi) menunjukkan nomor PIN. Kalau ada orang mengajak chatting melalui Blackberry Messenger dan bertanya mengenai PIN, kita tinggal jawab dengan mengetik mypin (diikuti spasi).

myver (diikuti spasi) untuk menunjukkan versi peranti lunak yang dipakai

***
Dengan pengesetan khusus kita bisa masukkan singkatan atau kata-kata baru dalam AutoText.
Misalnya, kita bisa mengeset singkatan khusus untuk otomatis diubah menjadi alamat rumah, alamat kantor, alamat email, signature email, tanda terima kasih, dan sebagainya.

Masuk ke Option-Auto text—new. Masukkan singkatan dan kepanjangannya.

Saya, memasukkan 'sw' agar otomatis diubah menjadi signature email yang berbunyi 'Setyardi Widodo, alamat email ini, nomor telepon itu, blog ono, dikirim jam sekian tanggal segitu..'

Saya mengeset kata 'thx' agar otomatis diubah menjadi 'terima kasih, matur nuwun, hatur nuhun, dsb...'

Dengan berbagai penyetelan yang dilakukan sendiri, pengetikan kata-kata yang sering kita pakai (pada badan berita atau pada email) bisa lebih cepat dan mudah.

Selamat memanfaatkan AutoText.

Tidak ada komentar: