06 Oktober 2008

Berwisata di pinggir laut


Sekitar 10 km dari rumah orangtuaku di Kutoarjo ada pantai yang hanya ramai selama Syawalan. Syawalan adalah istilah untuk keramaian pada pekan pertama bulan Syawal. Pantai itu disebut pantai Ketawang karena berada di desa Ketawangrejo.

Sewaktu Lebaran pecan lalu, kami (saya beserta anak, istri, adik, beberapa keponakan) menyempatkan diri menengok Pantai Ketawang.

Sebagaimana kebanyakan pantai di bagian selatan Pulau Jawa yang selalu dihantam ombak besar, Pantai Ketawang diliputi oleh hamparan pasir dalam ukuran yang besar (atau luas).

Jalan aspal terdekat berjarak hampir 2 km dari bibir pantai. Selanjutnya adalah jalan tanah yang bergelombang dan berlapis pasir. Semakin mendekati pantai semakin banyak pasirnya. Jalan seperti ini rawan selip terutama pada sepeda motor yang rodanya tipis. Mobil yang berani mengambil posisi terlalu dekat dengan pantai juga rawan kena selip, yaitu roda berputar tetapi mobil tidak bergerak maju maupun mundur.

***
Karena sudah lama tidak berkunjung ke pantai, saya lupa mempersiapkan beberapa hal yang seharusnya disiapkan atau dibawa ketika serombongan orang berwisata ke pantai yang terik, berpasir, berombak besar seperti Ketawang ini.

Saya coba tuliskan beberapa hal yang mestinya disiapkan untuk wisata ke daerah semacam ini, sekadar sebagai pengingat:
1. Siapkan tali (rafia) untuk membawa sandal-sandal. Di pantai berpasir sangat tidak nyaman berjalan memakai sandal. Paling enak berjalan tanpa alas kaki. Akan tetapi, menenteng-nenteng sandal (apalagi dalam jumlah banyak dan mengajak pula anak-anak yang belum bisa membawa sandal sendiri) bisa merepotkan. Pilihan terbaik adalah mengikat sandal-sandal itu dengan tali, lalu satu orang bertugas menyeretnya.
2. Bawa/pakai topi. Untuk orang yang sensitif dengan urusan kulit, ada baiknya memakai sunblock dan semacamnya.
3. Handuk serta pakaian ganti
4. Tas plastik untuk menampung sampah-sampah sisa makanan atau untuk melindungi barang-barang lainnya.
5. Kamera
6. Sebisa mungkin membawa kendaraan dengan ground clearance tinggi, ban jangan sampai gundul.
7. Hati-hati dengan barang elektronik ketika dekat air. Ketika bermain di pantai kita selalu tergoda untuk berbasah-basah. Dan ombak pantai selatan seringkali tidak bisa diduga. Ombak dapat sewaktu-waktu membesar sehingga jangkauan air naik ke darat cukup jauh karena bibir pantai berpasir sangat landai. Dalam keadaan seperti ini alat-alat elektronik yang berada di saku dapat dengan mudah terkena air.

Tidak ada komentar: