02 Agustus 2009

Jumpa ketiga


Pekan lalu saya dipanggil kembali oleh Pak Menristek. Pertemuan kali ini menjadi pertemuan ketiga dalam jangka waktu satu pekan. Lebih intensif daripada bimbingan tugas akhir saya kira, hehehe.

Pak Menteri membawa saya masuk ke ruang pribadinya. Di sana ada meja dengan banyak buku di atasnya. Di sebelahnya ada almari. Dari tepi jendela kita bisa melihat pemandangan ke arah monas.

Kali ini kami ngobrol hanya berdua saja. Seolah-olah seperti perwalian jaman kuliah dulu. Beliau bercerita sangat terbuka tentang keluarganya, anak, cucu. Juga tentang perjalanan karirnya, mengapa memilih berhenti dari ITB. Beliau paparkan pengalamannya terpilih jadi dosen teladan ITB yang berpeluang menjadi profesor termuda, namun kemudian jalur kepangkatannya justru macet.

Sebagian cerita beliau sudah dapat disimak pada buku “Bentang Ego, Alunkan Simfoni,” sehingga saya berani tulis di blog ini. Akan tetapi, bagi saya, jelas berbeda mengetahui cerita dari buku dengan mendengar langsung oleh tokoh yang menjadi inti cerita.

Ada banyak hal yang beliau ceritakan dan beliau tanyakan dalam pertemuan yang berlangsung sekitar satu jam itu. Bagi saya ini hal yang sangat mengesankan dan sulit dilupakan. Sebagai orang yang pernah kuliah di Jurusan Teknik Fisika ketika beliau menjadi dosen, ini seperti perwalian sesungguhnya, dalam bentuk yang lain.

Saya merasa beliau sedang berusaha “membombong” hati saya yang sering mengkeret sekecil menir dan minder itu. Saya merasa bahwa beliau berharap saya bisa berprestasi baik, beliau mencoba mengungkit hal-hal yang mungkin selama ini tersembunyi dan tidak mampu saya lihat sendiri.

Pada kesempatan itu, Pak Menteri memberi saya hadiah sebuah baju batik motif fractal warna biru, dua buah buku, serta dua buah CD musik. Terima kasih banyak Pak Kus untuk segala sesuatunya.

Tidak ada komentar: