13 Juli 2008

Membuat filter dan mengubah signature pada Blackberry

Ada setidaknya dua hal yang agak mengganggu saya dalam menggunakan Blackberry. Pertama adalah banyaknya spam yang masuk melalui alamat e-mail kantor. Spam ini tak kenal waktu dan sering mengganggu tidur. Masalah kedua, adanya signature "sent from my blackberry wireless devices...." yang sangat panjang dan terkesan norak.

Bagi pengguna BES, mungkin masalah ini sangat gampang di atasi. Bagi pengguna ritel BIS seperti saya, sebenarnya hal ini juga gampang diatasi, hanya saja perlu sedikit trik. Begini ceritanya.

Setting signature, filter, dan sebagainya bisa dikelola sendiri setelah kita login ke alamat web operator.blackberry.com (dalam kasus saya adalah xl.blackberry.com) melalui PC.

Akan tetapi, kejadian gagal login adalah masalah yang cukup lama saya alami. Waktu masuk ke alamat xl.blackberry.com melalui PC, saya diminta memasukkan username dan password. Berhubung saya sudah punya alamat widodo@xl.blackberry.net maka saya berasumsi bahwa username dan password mengacu pada account itu. Tetapi upaya saya selalu ditolak.

Setelah gagal login, saya tekan sign up, lalu memasukkan nomor PIN dan IMEI. Langkah ini selalu dijawab "seseorang sudah menggunakan perangkat yang ini".

Ketika saya pencet menu forgot password, ada pilihan untuk memasukkan nomor PIN. saya masukkan nomor PIN, lalu mereka mengirimkan notifikasi ke handset saya. Notifikasi yang masuk menyatakan bahwa "username dan password saya tidak exist".

Sangat membingungkan. Di satu sisi dijawab ada yang pakai device ini, di sisi lain dibilang bahwa username tidak exist.

Saya coba telepon ke 818/817 dan mereka hanya minta PIN. Setelah itu, katanya, password akan dikirim ke handset (via SMS). Ditunggu-tunggu beberapa hari, tidak ada pesan apa-apa yang masuk ke SMS selain iklan,hehe.

***
Akhirnya saya dapat ide untuk masuk ke alamat xl.blackberry.com melalui handset. Ternyata itu adalah alamat untuk setting e-mail, sama dengan ketika kita memencet menu e-mail setting.

Di bagian bawah ada menu untuk semacam "create user name" (saya lupa persisnya bunyi menunya, soalnya begitu kita jalankan dan sukses, menu itu hilang).

Saya pencet menu itu dan ada peringatan bahwa ini akan mengakibatkan perubahan permanen. Saya ikuti saja petunjuknya, memasukkan username dan password baru. Sukses.

Lalu dia minta verifikasi untuk masing-masing alamat email yang ada di situ.Kebetulan saya punya 10 account email yang saya masukkan ke Blackberry, jadi harus memverifikasi 10 alamat email. Alamaaak, capek juga.

Alhamdulillah, cara ini terbukti sukses. Saya akhirnya punya username dan password untuk login ke setting e-mail. Langkah dengan/pada handset selesai sampai di sini.

Pengaturan e-mail lebih jauh harus dilakukan melalui PC. Buka alamat xl.blackberry.com, masukkan username dan password tadi, dan olala.. bisa masuk ke menu setting.

Di sana kita bisa memasukkan parameter untuk filtering email. Misalnya, untuk akun kantor, saya minta email dengan subjek "komentar pada artikel" tidak dikirim ke handset. Lalu email dengan subjek atau pengirim tertentu tidak dikirimkan ke account lainnya, dan seterusnya. Cara ini terbukti bisa menghentikan sebagian besar spam yang masuk ke handset Blackberry ini.

Begitu pun dengan signature. Saya bisa mengubah kalimat "sent from my blackberry wireless device....." bahkan bisa menghapusnya sama sekali.

***
Cara yang sama juga bisa digunakan ketika kita berganti handset. Tinggal masuk ke sana, ada menu change device. Jadi 10 account akan ikut semua ketika kita ganti handset, tanpa perlu lagi setting ulang satu per satu di handset. Itu semacam passport ke layanan Blackberry.

Kalau kita mau bepergian ke luar negeri, menu filter ini juga bisa sangat berguna. Kita bisa membatasi hanya email tertentu saja yang dikirimkan ke handset, dan menetapkan status no-mail untuk account lainnya.

Dengan demikian, kita bisa menghemat bandwidth (sesuatu yang sangat mahal ketika roaming internasional), tanpa kehilangan akses total. Kita juga akan tetap bisa mengirim berita dengan sangat mudah karena blackberry tetap aktif.

Siapa mau mencoba?

2 komentar:

Astrida mengatakan...

Thanks Mas.. tokcer nih tipnya.. :-)

Anonim mengatakan...

Kepada Pak Widodo,

Terimakasih atas infonya sangat berguna sekali. saya mengalami hal yang sama seperti Bapak, setelah mengikuti langkah2 yang Bapak berikan ternyata berhasil.

Klo ada program2 yang bagus tolong diinfokan Pak.

Salam Marcho