09 April 2008

Alternatif sederhana untuk mobile office

Saya punya alternatif sederhana untuk penerapan mobile office di perusahaan koran. Saya yakin ini solusi paling efektif dan efisien berdasar ukuran saat ini, khususnya untuk mobile reporting.

1. Semua awak redaksi (reporter dan editor sampai pemred) menggunakan Blackberry Internet Service. Tentu saja kantor lah yang harus membelikan.
2. Semua pengelola halaman tetap memperoleh PC desktop.

3. Jumlah PC desktop untuk reporter dikurangi secara bertahap sampai perbandingan ideal, misalnya 1:5, satu PC desktop untuk 5 orang.
4. Perusahaan memberi bantuan/kemudahan bagi reporter untuk memiliki alat komputasi yang lebih cocok, misalnya notebook kecil. Syukur-syukur kalau bisa sekalian membelikan.

5. Semua proses komunikasi berbasis Blackberry baik BB Messenger maupun email. Semua harus mendapat pelatihan mengenai penggunaan Blackberry sebagai alat yang optimal untuk membuat mendukung kerja.
6. Reporter mendapat pelatihan mengenai bagaimana mengoptimalkan semua channel komunikasi untuk pengiriman berita. Sekali lagi, semua channel.

7. Semua pengelola halaman mendapatkan pelatihan mengenai bagaimana mengoptimalkan semua channel komunikasi untuk menerima berita. Sekali lagi, harus bisa menerima.


Catatan:
1. Hanya reporter yang sudah jadi karyawan tetap, atau punya masa kerja tertentu, memperoleh Blackberry. Bagi reporter dengan usia agak lanjut pasti kesulitan mengetik semua berita dan feature dalam layar kecil. Untuk itu, tetap perlu ada PC desktop untuk bersama.

2. Kalau ada problem dengan email kantor terutama khawatir numpuk di server, migrasi saja ke Yahoogroups. Email di server terhapus otomatis setelah dua pekan atau periode tertentu.

3. Mungkin akan muncul guncangan besar dalam satu bulan pertama yang diikuti dengan riak-riak selama enam bulan berikutnya. Tetapi setelah itu saya yakin semunya jadi stabil, kembali normal dengan cara kerja baru.


Mengapa Blackberry perlu lebih diprioritaskan daripada notebook kecil?
1. Blackberry adalah alat akses komunikasi serba bisa. Bisa browsing, mudah setting, bisa SMS, email sangat powerful, punya keyboard QWERTY.
2. Sangat ringan dibawa-bawa. Sama sekali tidak membebani.

3. Bisa digunakan sebagai alat akses informasi yang sangat powerful. Misalnya mengakses banyak sekali mailing list, langganan RSS tertentu terkait bidang liputan/penguasaan.
4. Keren

Wallahu alam.

Tidak ada komentar: