15 April 2008

Lebih murah di Bandung

Sabtu pekan lalu saya berjalan-jalan ke Istana BEC, Bandung. Cukup kaget melihat banyak sekali toko yang menjual Eee PC. Harga yang ditawarkan antara Rp4,1 juta-Rp4,25 juta untuk versi 4GB dengan webcam. Dalam paket penjualan itu ditambahkan case, screen protector, dan sebagainya, tergantung tokonya.

Adapun versi termurah dijual Rp2,9 juta untuk 2GB Surf. Akan tetapi saya hanya menemukan unit model ini di satu toko dan stoknya tinggal satu buah.

Hari ini saya mencoba jalan-jalan ke Ratu Plaza, Jakarta. Ada beberapa toko yang menjual Eee PC di tengah suasana gelap karena listrik mati. Tetapi, masya Allah, mereka menjual dengan harga yang begitu tinggi. Paling murah Rp4,6 juta. Bahkan ada yang mendekati Rp 5 juta.

Saya melanjutkan jalan-jalan ke Ambassador Mall, pusat penjualan komputer dan notebook untuk Jakarta. Banyak juga toko yang menjual Eee PC. Tetapi harganya tidak berselisih jauh dengan Ratu Plaza.

Bahkan ada pedagang di Ambassador yang dengan santainya mengatakan harga Eee PC Rp4,9 juta untuk versi 4GB. Adapun untuk versi 8GB, katanya, Rp7 jutaan. Dia mengatakan itu seolah-olah calon pembelinya itu orang yang sama sekali tidak tahu menahu tentang harga notebook (hehehe)

Sangat mengherankan. Bagaimana mungkin harga barang elektronik seperti notebook kok justru lebih murah daripada di Jakarta? Apakah ini soal daya beli? Maksudnya daya beli orag Jakarta lebih tinggi sehingga bisa membeli barang yang sama dengan harga lebih mahal?

Atau orang di Bandung dianggap lebih well informed, sehingga sulit ditipu dengan harga tinggi? Entahlah.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Bandinginnya jangan dengan Ratu PLaza dong tapi dengan mangga 2.
KEtahuan banget lebih murah di mangga dua

wheetea mengatakan...

hop over to here Dolabuy Bottega Veneta YOURURL.com replica dolabuy click here to investigate buy replica bags