04 Maret 2010

Tips mengunjungi pameran komputer


Pameran komputer makin sering digelar. Berdasarkan pengamatan di Jakarta dan Bandung, pengunjungnya kian hari kian padat. Jumlah stand juga terus meningkat. Jenis produk terus berkembang.

Saya sering merasa sayang untuk melewatkan mengunjungi pameran komputer, kendati hanya melihat-lihat sekilas. Dalam pameran-pameran di Indonesia sih rasanya tidak ada teknologi baru. Tapi banyak produk baru dan merek baru.

Makin hari, kegiatan mengunjungi pameran komputer makin membingungkan. Melelahkan dan bikin frustasi karena padatnya pengunjung dan luasnya tempat pameran. Beberapa hal yang saya rasa perlu diperhatikan ketika mengunjungi pameran komputer sbb:

1. Jangan mengajak anak kecil. Kasihan kalau cape’ dan berdesak-desak. Sebisa mungkin hindari hari libur atau akhir pekan karena jumlah pengunjung kemungkinan besar membeludak.

2. Bawa makanan, minuman, atau bekal. Harga makanan di sekitar lokasi pameran biasanya mahal banget. Bahkan makanan yang di bagian luar juga mahal dan bagi saya sering tidak mengundang selera.

3. Tentukan target apa yang akan dibeli. Survei dulu melalui Internet atau iklan untuk menentukan produk idaman yang ingin dikejar.

4. Kenali pembagian lokasi. Biasanya ada booth untuk merek-merek terkumuka. Ada juga lokasi untuk kumpulan penjual aksesori termasuk PC jangkrik. Aksesori ini bisa berupa kabel-kabel USB, mouse, flash memori, keyboard, tas, kertas foto, cartridge, dan sebagainya.

5. Kalau sudah menentukan produk idaman langsung saja tuju ke booth yang menyediakan merek itu. Bandingkan harga dengan booth lain. Kendati sudah menentukan merek, jangan menutup diri terhadap kemungkinan ada produk baru yang selama ini tidak tampak pada iklan. Seiring perkembangan pasar, banyak produk baru yang tidak tampak dalam iklan-iklan di koran.

6. Jangan terlalu lama di lokasi pameran. Makin lama akan makin melelahkan dan bisa-bisa membuat frustasi berdesak-desakan.

Semoga membantu.

Tidak ada komentar: