18 Februari 2008

Blackberry 8100 Pearl: Mesin e-mail termungil & teringan

Hari-hari pertama menggunakan papan kunci SureType pada Blackberry 8100 Pearl mungkin membuat frustasi. Akan tetapi bila masa sulit itu bisa dilalui dengan belajar menyesuaikan diri serta 'mengajarkan' Bahasa Indonesia kepada Pearl, Anda akan menikmati keuntungan dari mesin e-mail yang sangat mungil, andal, sekaligus tidak terlalu menguras kantong ini.


***
Blackberry 8100 Pearl merupakan Blackberry yang terkecil dalam keluarga produk seri 8xxx. Jika dibandingkan dengan tipe 8300 Curve serta 8800 Huron yang dilengkapi papan kunci QWERTY melebar, Pearl jauh lebih kecil, lebih ramping, dan lebih ringan. Penampilan Pearl lebih mirip ponsel biasa daripada handset Blackberry pada umumnya.
Pearl bisa menjalankan fungsi utama handset Blackberry sebagai mesin e-mail, pesan instan, browsing yang terpercaya. Kemudahan setting, pengaturan menu, kecepatan akses, tetap unggul khas Blackberry.
Sebagaimana keluarga besarnya, perangkat ini dedesain untuk pengguna yang tidak mau pusing lagi dengan setting GPRS, tidak perlu mengisi mail server, SMTP, otentikasi, dan sebagainya ketika menggunakan e-mail.
Pengguna bisa mengeset hingga 10 akun e-mail POP3/IMAP4 dengan mailbox yang terintegrasi. Pengaturan menu, theme, jenis huruf, nada dering, tidak berbeda dengan seri 8300 Curve yang telah di-review pada edisi yang lalu. Akses pesan instan seperti Yahoo Messenger dan Google Talk juga mudah dan lancar.
Selain sangat kecil, bobotnya yang di bawah 90 gram termasuk sangat ringan. Hingga saat ini masih jarang ponsel cerdas dengan bobot di bawah 100 gram. Pearl benar-benar handy.
Perangkat ini dicoba menggunakan paket data XL. Operator seluler itu menyediakan paket Rp199.000 per bulan untuk koneksi unlimited asalkan menggunakan APN (access point name) Blackberry.net. Akses e-mail, pesan instan, serta browsing melalui layar Pearl bisa dilakukan sepuasnya, 24 jam sehari, tanpa dikenai biaya tambahan.
Blackberry 8100 Pearl dipasarkan dengan harga Rp4,3 juta per unit, jauh lebih murah dibandingkan Blackberry 8310 Curve yang dipasarkan seharga Rp6,5 juta per unit.
Paket penjualan terdiri atas satu handset, satu baterai, satu kartu memori 128 MB, buku manual dan CD-ROM, holster, serta satu set charger baterai. Charger telah dilengkapi dengan beragam colokan sehingga ketika bepergian ke luar negeri tinggal disesuaikan dengan colokan listrik setempat.


***Papan kunci unik
Perbedaan terbesar Pearl dengan handset buatan Reserach In Motion (RIM) lainnya adalah penerapan papan kunci SureType. Di Indonesia, ini bisa menjadi masalah serius bagi pengguna yang tidak sabaran.
SureType merupakan sistem yang dirancang oleh RIM, pembuat Blackberry, agar perangkatnya dapat berbentuk sangat mungil, namun memiliki susunan papan kunci yang khas dan familiar dengan para pengguna Blackberry yaitu papan kunci QWERTY.
Pada sistem SureType, satu tombol umumnya digunakan untuk dua huruf. Sistem ini juga disertai peranti lunak yang tugasnya menebak kata yang dimaksud pengguna berdasarkan komposisi tombol yang dipencet. Tebakan kata didasarkan basis data yang dimiliki Pearl.
Sistem ini sangat nyaman digunakan oleh pemakai berbahasa Inggris atau bahasa lain yang didukung oleh peranti lunak SureType.
Pengguna berbahasa Indonesia dapat memilih untuk menonaktifkan penebak kata ini dan menggunakan cara pengetikan Multitap. Cara pengetikan Multitap sama persis dengan pengetikan multitap pada ponsel biasa dengan 12 tombol. Hal yang berbeda hanyalah susunan tombolnya.
Misalnya, untuk menulis kata JAKARTA pengguna multitap SureType harus menekan J-K satu kali, A-S satu kali, J-K dua kali, A-S satu kali, E-R dua kali, T-Y satu kali, dan A-S satu kali. Teorinya mudah, tetapi praktiknya sangat repot khususnya bagi yang belum terbiasa.
Jika kita ingin tetap menghidupkan penebak kata Bahasa Inggris, maka dalam pengetikan kalimat berbahasa Indonesia harus rajin-rajin melakukan scroll Trackball ke kanan atau kiri guna membetulkan tebakan kata yang dimunculkan oleh Pearl. Seringkali, untuk menulis satu kata, pengguna harus melakukan scroll beberapa kali.
Untungnya, proses scroll kiri dan kanan terbantu oleh tombol navigasi Trackball yang sangat ringan dan nyaman. Hampir tidak perlu tenaga untuk menggeser bola navigasi ke kanan kiri atas bawah.
Untungnya lagi, peranti lunak pada Pearl sudah dilengkapi kemampuan untuk mempelajari kosa kata baru yang sering digunakan oleh pemakai untuk ditambahkan dalam basis datanya. Dengan demikian, pada titik tertentu di mana sebagian besar kosa kata Bahasa Indonesia sudah dikenali, penggunaan SureType akan sangat nyaman.


Dimuat untuk Sisipan Tren Digit@l edisi Januari yang terbit bersama Bisnis Indonesia edisi 14 Januari 2008

Tidak ada komentar: