28 Februari 2008

Sony Ericsson K510 sebagai modem Eee PC

Salah satu kunci mobilitas sebuah perangkat komputasi adalah akses Internet di mana saja dan kapan saja. Eee PC sudah memiliki koneksi Wi-Fi terintegrasi sehingga cukup mudah mendukung mobilitas.

Namun di Indonesia, ketersediaan Wi-Fi belumlah terlalu banyak. Untuk mengaksesnya pun pengguna perlu datang ke hotspot yang memerlukan waktu, dan, seringkali, biaya tambahan.

Maka, koneksi melalui jaringan seluler baik GSM atau pun CDMA menjadi opsi yang tak bisa ditawar. Semula saya mengira ada masalah besar dalam konektivitas Eee PC yang berbasis Linux Xandros dengan ponsel yang bisa menjadi modem.

Ternyata, hal itu tidak sepenuhnya benar. Saya berhasil menggunakan Sony Ericsson K510i sebagai modem pada Eee PC Surf 2GB, bahkan tanpa perlu menginstall driver atau pun software apa pun.

Langkahnya sebagai berikut.
1. Sambungkan ponsel Sony Ericsson K510i ke Eee PC melalui kabel data USB yang disertakan.

2. Pada ponsel muncul pilihan menu sebagai perangkat penyimpanan atau sebagai ponsel. Pilih Phone Mode.

3. Pada Eee PC masuk ke menu Setting, Diagnostic Tools. Pilih Test, pilih USB. Lakukan pengetesan, maka Eee PC akan langsung mengenali K510i, tekan Ok.

4. Pada Eee PC masuk ke menu Internet, Network (bukan Wireless Network). Pilih Dial-up (bukan 3G/UMTS). Lalu masukkan nomor panggilan *99#. Pada bagian User name dan Password diisi sesuai operator yang digunakan. Misalnya pada Telkomsel, user name: wap, password: wap123

5. Pilih Connection, Connect. Tunggu sampai tersambung. Jika telah terhubung, Internet pada Eee PC siap digunakan.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

terima kasih infonya. saatnya mencoba...