11 Mei 2008

Mencari kesan dari Bill Gates


Gates datang ke Jakarta. Dalam paparan di depan Presiden Yudhoyono yang saya tonton melalui TV One, tidak banyak hal spektakuler yang saya tangkap dari orang yang beberapa tahun menduduki posisi terkaya sedunia ini.

Hal yang paling menarik, menurutku, adalah mengenai perubahan antarmuka komputer. Antarmuka inilah yang menentukan bagaimana manusia berintekasi dengan mesin. Bagaimana manusia memasukkan data dan perintah kepada mesin, dan bagaimana mesin menyajikan data atau keluaran kepada manusia.

Di luar itu, apa yang diampaikannya hanyalah sebuah evolusi yang sudah sangat sering saya dengar. Pemanfaatan TI untuk pendidikan, kesehatan, sambungan Internet untuk mendukung itu semua, dan hal-hal lain terkait dengan itu. Tidak ada revolusi, hanya evolusi yang alamiah.

Bedanya, selama ini hal-hal tersebut saya dengar dari pengamat, penjual, atau ranting ke sekian dari sebuah produk, kali ini bisa didengar langsung dari salah satu orang terpenting, manusia inti yang melahirkan dan menguasai produk super powerful.

***
Tetapi uang tidak ada dalam revolusi. Uang dan bisnis, justru banyak muncul dari evolusi, dari penyempurnaan kecil-kecil (dalam peta besar). Penyempurnaan kecil yang benar-benar membuat orang terpikat atau membuat sesuatu menjadi benar-benar pas, berguna, cocok.

Jadi, tidak ada revolusi bukan berarti tidak ada uang dan bisnis yang sedang dijalankan. Dan saya yakin, ada banyak uang siap bergulir mengiringi kedatangan Gates (entah bergulir dari luar Indonesia atau justru bergulir ke luar Indonesia).

***
Secara sekilas, saya melihat Bill Gates ini agak mirip dengan Gombang Nan Cengka, temanku di kantor. Caranya duduk, caranya berdiri dan berjalan yang agak membungkuk, mirip Gombang.

Dan saya rasa, seandainya ini zaman di mana kitab suci masih turun, mungkin Gates masuk nominasi untuk dimuat di dalamnya. Sebagai orang terkaya dunia dan memiliki peran luar biasa bagi perikehidupan, tentu dia tidak bisa diremehkan.

Mungkin bisa saja suatu saat harta terpendam itu diberi nama harta gates, bukan harta karun saja, hehehe.

Tidak ada komentar: