29 Mei 2008

Pukulan telak Telkomsel

Telkomsel selama ini dikenal kurang serius menggarap segmen layanan data Internet, tidak seperti Indosat dan XL.

Setahu saya, Telkomsel tidak memiliki unit khusus yang jualan layanan data sebagaimana Indosat (dengan IM2), serta XL dengan Busol.
Selama beberapa tahun Indosat sudah berkibar-kibar dengan Blackberry korporat, lalu XL berusaha mengejar dengan pengguna BIS (Blackberry Internet Service), sementara Telkomsel tampak adem ayem saja.

Pada masa lalu, Indosat dan XL juga menawarkan bermacam-macam paket layanan data dengan modem 3,5G, HSDPA, paket ini dan itu untuk akses layanan mulai dari Rp99.000 per bulan, Telkomsel juga adem ayem dengan Flash yang relatif mahal.

Tetapi kondisi ini berubah total dalam satu bulan terakhir.
Menjelang masa-masa ulang tahun Telkomsel, operator seluler terbesar Indonesia yang mulai didera oleh pukulan ‘paksaan penurunan tarif’ itu meluncurkan dua jurus jitu yang sanagt telak dalam memukul lawan-lawannya.

Pertama adalah Blackberry prabayar Rp180.000 per bulan akses unlimited seperti yang saya tulis pada posting sebelumnya. Kedua adalah layanan paket Flash unlimited yang dipasarkan mulai harga Rp125.000 per bulan.

Ini benar-benar pukulan bai pesaing mengingat jumlah pelanggan Telkomsel yang hampir dua kali lipat pesaing terdekatnya, serta jangkauan yang sampai ke pelosok-pelosok Nusantara.

Kalau saja belum pakai Blackberry unlimited XL ini mungkin saya akan pakai Blackberry prabayar atau, minimal, Flash unlimited yang paling murah itu. Para pesaing Telkomsel harus menyiapkan jurus lain yang lebih ampuh untuk menangkalnya…