02 Mei 2008

DVD external untuk Eee PC


Salah satu kelemahan Eee PC dibandingkan dengan notebook mahal atau notebook yang lebih besar adalah tidak tersedianya drive untuk memutar VCD atau DVD (RW).

Saya baca-baca di berbagai forum diskusi katanya ada DVD merek LG yang kompatibel. Namun ada berbagai catatan di sana yang membuat saya ragu apakah bisa beroperasi langsung (plug and play) atau harus install sesuatu.

Beberapa hari lalu saat ada kesempatan main ke BEC Bandung saya melihat ada yang jualan DVD External merek LG (tipe GSA-E50L). Saya tawar-tawar katanya harganya Rp890.000.

Sebelum membeli saya coba pastikan dulu bahwa perangkat ini kompatibel benar dengan Eee PC yang pakai Linux Xandros. Penjualnya pun sempat ragu apakah perangkat ini bisa berjalan pada Linux.

Ternyata LG GSA-E50L ini bisa beroperasi dengan baik. Saya bisa menonton Bourne Ultimatum di toko itu. Jadi saya beli. Eh sewaktu membuat kuitansi, dia bilang harganya tidak bisa kurang dari Rp920.000. Wah gawat. Ya sudah, kepalang basah, beli saja.

Setidaknya ini lebih murah dan lebih berguna dibandingkan dengan membeli DVD player 7 inci yang dijual terpisah. Lagian nanti kalau suatu saat saya ganti notebook lain toh barang ini masih bisa dipakai.

***
DVD (R/W) merek LG ini sangat ringan. Mungkin kurang dari 400 gram soalnya lebih ringan dari kamera Canon PowerShot A510 yang saya pakai.

Konektor yang diperlukan juga hanya satu (meskipun dalam paketnya ada dua konektor untuk mengantisipasi kekurangan pasok daya dari kabel USB). Konektor yang digunakan sama dengan penghubung Blackberry serta MP4 player yang saya punya, jadi tidak ada tambahan beban membawa konektor.

Saya coba memutar beberapa VCD, bisa beroperasi dengan baik. Kalau memutar DVD kualitasnya kayaknya kurang bagus terutama suaranya (mungkin kualitas disk-nya yang bermasalah).
Untuk memutar film tinggal masuk ke menu Play, Media Player, terus klik File, pilih DVD from drive atau pilih VCD.

Menu untuk full screen, lompat ke depan, maju lebih cepat, mundur, dan sebagainya. Saya belum mengukur berapa lama daya tahan baterai, tetapi rasanya sih cpat sekali habis.

Saya kira inilah salah satu keunggulan Eee PC yang tidak dapat ditandingi oleh PDA atau smart phone.

10 komentar:

Insider Stories mengatakan...

Good discription I think. It will be the best if you can publish it billingual both in bahasa and english. Thanks for sharing the info of DVD LG...it was useful for my EEEPC

Thanks

Wisnu Wijaya

Setyardi Widodo mengatakan...

terima kasih Wisnu. wah, saya harus kursus dolo itu, hehehe

quantel mengatakan...

wah kemahalan tuh mas...btw ada dvdcombo en dvdrw ext cuma 450an merk ok toshiba samsung..superslim..contact aja ke ns_mediacom@yahoo.com
Thanks

Anonim mengatakan...

Wah...
saya menggunakan MSI U100
itu juga kan gak ada DVD drivenya
Dimana ya sya bisa mendapatkan.
Kalo ada tahu mohon infonya donk...
thanks...

Anonim mengatakan...

mas bisa tolong jelasin ttg SSD..ktnya ga pake HD gitu ya..pake sistem flashdisk....
bisa diupgrade ga kapasitasnya???
thx

sarkiem mengatakan...

Pamer Barang!! ngopo mbul? mbahas dvdrw ae tekan pamer camdiglah, blackberrylah,, dadi wong ora usah nggaya!!! sok sok'an! blogger ndeso!

Best13 mengatakan...

Wuaduh.. sarkiem, ente sinister bgt ye?!
Cuekin aja mas si sarkiem, kafilah berlalu aja..

Saya paling gak suka sama org sinis, iri, dengki.. Kalo gak suka gak usah dibaca, apalagi sampe komentar yg gak perlu.
Coba belajar bersihin hati, cobalah jadi org yg senang kalo liat org lain senang dan susah kalo liat org lain susah.. Jangan susah kalo liat org lain senang n senang kalo liat org lain susah..

yanmaneee mengatakan...

air jordan
supreme hoodie
yeezy
off white shoes
jordan shoes
kyrie 5
yeezy supply
yeezy
yeezy shoes
off white hoodie

Unknown mengatakan...

More Help Louis Vuitton fake Bags Get More Information replica wallets my response replica bags

neyslethesl mengatakan...

d5o70x1z46 e6t34b3u28 o8u71r4e01 k9n85o2c14 l3a01o5n01 m9p12e0n78