03 Maret 2008

Eee PC bermasalah

Hal yang tidak menyenangkan terjadi pada hari ke-10 penggunaan Eee PC ini. Perangkat buatan Asus ini tiba-tiba tidak bisa membuka file dari segala jenis memori eksternal.

Saya mencoba menggunakan kartu MMC, SD, berbagai jenis USB flash disc. Semuanya bisa dideteksi tetapi perangkat ini tidak bisa membuka file di dalamnya. Ini sungguh menyebalkan dan agak membingungkan.

Saya mencoba reset ke setting awal seperti yang tertera pada buku petunjuk, tetapi tidak menghasilkan apa-apa. Problem tetap terjadi. Mau format memori dan install ulang semua tidak bisa karena tidak punya pembaca cakram optik eksternal.

Satu-satunya yang bisa dilakukan adalah membawanya ke service center masterdata, distributor Asus di Indonesia. Kesimpulannya, masalah ada pada peranti lunak, bukan peranti keras.

Sayangnya, peranti lunak tidak termasuk dalam garansi. Jadi harus ada biaya yang dikeluarkan. Alamaak, naik Rp100.000 deh harga perangkat ini.

Saya tidak habis pikir bagaimana sistem operasi pada perangkat ini begitu rapuhnya sehingga bisa corrupted pada fungsi yang begitu pentingnya.

Tidak ada komentar: