16 Maret 2008

Workshop TI untuk wartawan?

Ide mengenai perlunya workshop TI untuk wartawan ini dilontarkan oleh Pak Suryatin (mantan direktur Telkom) ketika kami ngobrol mengenai kesulitan-kesulitan teknis yang dihadapi wartawan ketika berhadapan dengan perangkat TI.

Wartawan, media apa pun, adalah orang yang dituntut untuk bisa mengirimkan dan menerima konten informasi/berita secepat mungkin. Jadi, wartawan mestinya adalah orang yang sangat akrab dengan teknologi pengiriman dan penerimaan pesan terbaru. Tetapi kenyataannya tidaklah demikian.

Problem yang sering saya temui di kalangan wartawan antara lain: kesulitan setting email dalam ponsel, tidak tahu masalah dan cara pemecahan ketika ada trouble dalam pengiriman berita, tidak bisa setting/akses wi-fi, tidak bisa memindahkan data dari ponsel ke komputer, tidak tahu bagaimana menggunakan ponselnya sebagai alat penerima berita dari reporternya.

Hal-hal lain yang sebenarnya bisa digunakan sebagai cara optimalisasi teknologi untuk meningkatkan kualitas keluaran kerja tetapi belum dimanfaatkan, misalnya kamus online, pesan instan, fasilitas penyimpanan online, pencarian data, dan sebagainya.

Saya pikir ada sejumlah tema yang perlu dibahas khusus dalam suatu workshop TI untuk wartawan. Ketika sebuah institusi media menetapkan rencana mobile office maka wartawan pada institusi yang bersangkutan harus sudah dibekali beberapa kemampuan dasar. Mereka perlu kemampuan untuk memberikan ‘pertolongan pertama’ kepada diri sendiri ketika berada di luar kantor.

Jadi, secara umum, mereka perlu tahu:

1. Cara terhubung ke Internet
a. Setting GPRS pada ponsel
b. Ponsel sebagai modem notebook atau PDA
c. Setting dan akses Wi-Fi

2. Pengiriman dan penerimaan berita
a.Membuat account email POP3 dan web based
b.Setting dan akses email pada ponsel
c.Setting dan akses email melalui notebook
d.Setting dan akses pesan instan (YM, Gtalk, dan aplikasi pihak ketiga)

3.Menerima dan memindah pesan
a.Mengubah SMS menjadi file tersendiri tanpa mengetik ulang
b.Memindahkan file/data/SMS dari ponsel ke PC/notebook
c.Konversi data dari file non-Word (pdf, txt, ppt...) menjadi Word
d.Memindahkan file foto dari kamera/ponsel ke komputer

4.Mengoptimalkan fitur yang tersedia di Internet
a.Fasilitas penyimpanan di Google dan Yahoo
b.Kamus online, translater dan KBBI
c.Newsletter dan milis terkait profesi, interes, atau bidang liputan
d.Situs2 berita, kantor berita, dan sumber-sumber informasi tepercaya

1 komentar:

yulihastin mengatakan...

Sayangku tetaplah semangat menulis. Kuharap Blog Inspirana dapat menjadi blog istimewa yang memuat catatan penting mengenai perkembangan dunia Teknologi Komunikasi dan Informasi.

Keep on Writing
Love
Erma