13 Maret 2008

Gadget paling berpengaruh

Terdapat setidaknya empat gadget yang paling berpengaruh dalam membangun 'ideologi mobile' pada diriku. Empat perangkat itu meliputi Sony Ericsson P800 (2002), Hewlett Packard Ipaq 4350 (2004), Research In Motion Blackberry (2007), serta (mudah-mudahan) Asus Eee PC (2008).

Sony Ericsson P800 memberikan pelajaran bagaimana integrasi antara komputasi dengan seluler terjadi. Memberikan gambaran yang nyata mengenai masa depan teknologi seluler (ketika itu). Memberikan gambaran konkrit mengenai hal-hal apa yang bisa dilakukan oleh/dengan sebuah perangkat komunikasi bergerak yang digabungkan dengan komputasi bergerak.

Ipaq 4350 merupakan perangkat yang paling lama menemani kehidupan mobile-ku. Sama sekali tak tergantikan selama lebih dari empat tahun. Memberikan perpektif mengenaiperangkat komputasi mungil yang powerful.

Perangkat yang bisa dikawinkan dengan beragam aksesoris dan perangkat lain seperti keyboard, modem, ponsel, penerima GPS, dan sebagainya. Bisa melakukan banyak sekali hal menarik dan berguna dalam bentuk yang dalam kurun empat tahun lalu termasuk ideal.


Adapun RIM Blackberry beserta BIS benar-benar mewujudkan sebagian besar dari impian mengenai mobile communication yang telah kupelajari dari Sony Ericsson P800 dan Ipaq4350.
Fitur push e-mail, always connected, instant messaging, browsing etc merupakan hal impian yang hanya sekali-kali bisa dinikmati melalui P800 dan Ipaq 4350. Dengan Blackberry, hal ini bisa dinikmati kapan saja di mana saja. Praktis tanpa batas waktu dan tanpa kecemasan mengenai tagihan dan semacamnya.

Asus Eee PC menambal banyak keterbatasan koneksi fixed dari Ipaq 4350,menambal kekurangnyamanan dalam input text pada Ipaq (yang sebenarnya sudah jauh lebih nyaman dibandingkan perangkat seangkatan lainnya), serta mengajarkan padaku mengenai pentingnya sebuah notebook. FYI, saya sudah punya notebook berat dan serius sejak setengah tahun yang lalu, tetapi Toshiba Satellite itu kurang impresif.

Perangkat sepeti Eee PC ini merupakan impianku sejak lima tahun lalu. Digabungkan dengan Blackberry, kedua perangkat ini akan menjadi senjata mobilitas yang sangat tangguh. Sangat sulit mencari alasan untuk 'tidak bisa terhubung' ketika menggunakan dua perangkat ini secara bersama-sama.

Uniknya lagi, semua yang melihat Eee PC ini langsung terpesona. Dan begitu saya kasih tahu harganya, semua jadi pengen beli.

Tidak ada komentar: